Pemahaman Terhadap Konsep Teknologi Informasi

Posted by ayu aditi - -

Sebelumnya, inimerupakan bagian dari tugas tentang pemahaman konsep Teknologi Informasi
mari kita bahas lebih lanjut


Sebelum membahas tentang Teknologi informasi, perlu kiranya dipahami terlebih dahulu hal-hal yang menjadi dasar.

HIERARKI ILMU
FAKTA --> DATA --> INFORMASI --> PENGETAHUAN --> ILMU


FAKTA
Adalah suatu obyek, peristiwa/kejadian nyata maupun maya

Data
• Data dapat berupa bahan untuk diskusi, pengambilan keputusan, perhitungan, atau pengukuran.
• Saat ini data tidak harus selalu dalam bentuk kumpulan huruf-huruf dalam bentuk kata atau kalimat, tetapi dapat juga dalam bentuk suara, gambar diam dan bergerak,baik dalam bentuk dua atau tiga dimensi.
• Bahkan sekarang mulai banyak berkembang data virtual/maya yang merupakan hasil rekayasa komputer.
• terdiri dari fakta-fakta dan angka-angka yang secara relatif tidak berarti bagi pemakai. ex. Jumlah jam kerja tiap pegawai dalam perusahaan

PENGETAHUAN
• Informasi bersifat lebih temporer sementara Pengetahuan lebih permanen
• PENGETAHUAN memerlukan informasi sehingga INFORMASI merupakan tahap awal pengetahuan
Pengetahuan merupakan sekumpulan dari beberapa informasi yang bersifat lebih permanen. Contoh, pengetahuan membuat kue bolu adalah sekumpulan dari informasi bagaimana cara mengolah adonan, mengoperasikan oven, dll.

ILMU
• PENGETAHUAN YG TERKATEGORISASI DENGAN PERSYARATAN TERTENTU, misalnya, pengetahuan pengetahuan tentang hardware, software, jaringan, database, informasi, komunikasi, dll membentuk ilmu informatika.

INFORMASI
• informasi merupakan hasil dari pengolahan data, akan tetapi tidak semua hasil dari pengolahan tersebutdapat menjadi informasi.

TEKNOLOGI
• Ini mungkin tidak termasuk mesin dalam teknologi, tetapi dalam menerapkan ilmu pengetahuan.
• Dengan demikian, teknologi dalam istilah yang benar, menunjuk kepada segala upaya untuk memecahkan masalah-masalah manusia. Itu berarti, suatu cara untuk mengatur orang, peristiwa-peristiwa, dan mesin dengan menggunakan pengetahuan dan membuktikan alat-alat, prosedur, dan teknik.

Definisi Teknologi

Definisi saat ini “TI adalah sistem yang meliputi hardware,software, prosedur, basis data, SDM dan fasilitas-fasilitas untuk memproses informasi yang mampu meningkatkan akurasi dan kecepatan dalam pemrosesan informasi serta mengarahkan perusahaan dalam meraih keunggulan bersaing”

Teknologi yang digunakan adalah seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.

8 Responses so far.

  1. hikz... ;'( senengnya bisa kul di kampus TI. Ane salah jurusan gan. Waaaa.

    Hobynya di TI tp kulnya di TMI. Tp gak pahpahlah, syukuri aja. Toh TMI kan jg ada huruf T sama I nya. Lbih lgkap lg pk M.

  2. ayu aditi says:

    waaahh
    masak sih kang???
    manganya kalau TMI itu apa yha ==a
    sertakan juga kepanjangannya biar jelas kang
    hehe

  3. TMI: Teknologi Mekanika Industri

    TMI ntu salah satu jurusan dri universitas negeri PTKI Medan yg berada dibawah naungan departemen perindustrian neng ayu.

  4. ayu aditi says:

    :matabelo: keren kak
    sekarang gawe dimana tuh?
    udah tamat kan?

  5. maxudnya gawe apaan neng? Gak ngerti! Kamus baru ya?

    Belon tamat sih, ka2k kan msh seumuran neng ayu (beda bbrapa hari), jd msh smester 2. Ne mau masuk smster 3.

  6. ayu aditi says:

    maksudnya itu kerja
    masak gak ngerti sih ==a
    seumuran?? o.O
    saya udah semester 4 sekarang :D
    telat masuk yha?

  7. kalo dalam kamus besar bahasa jawa gawe ntu artina 'menggunakan'. Jd salah pgertian deh.

    waaah... Kagak, bukan telat masuk. Kan da di bilang bda beberapa hari, yah sekitar 365 harian gt lah (mgkn, males ngitung).

    Jadi kebalik nih manggilnya, kn sharusx ane yg manggil ka2k. Wkwkwk..

  8. ayu aditi says:

    jiaahhhh
    beda harinya banyak amat yah o.O
    itu mah setahun kaliiii
    wkwkwkwkwkk

Leave a Reply